Selasa, 01 April 2008

Kiprah KKMK dalam kepengurusan 2006-2007


Tak terasa dua belas tahun sudah KKMK berkiprah. Namun, disini akan coba dilukiskan kegiatan-kegiatan KKMK selama 2 tahun terakhir saja yaitu kepengurusan KKMK 2006 dan 2007. Sudah banyak program-program kerja yang telah direalisasikan bersama. KKMK jadi lebih hidup dan memiliki kenangan tersendiri Kegiatan KKMK terbagi dua yaitu kegitan rutin dan kegiatan non rutin. Kegiatan rutin KKMK diisi dengan latihan koor, BASAH (Diskusi santai) dan rapat-rapat kegiatan setiap hari Selasa dan Jumat mulai pukul 20.00-21.30 di aula baru St Arnoldus.

KEGIATAN RUTIN (Koor, TATIB, Pertemuan Bulanan, Perayaan Ultah Bersama, BASAH (Bincang-Bincang Antar SAHabat)

Latihan koor untuk tugas-tugas Koor KKMK yang sudah dijadwalkan oleh Seksi Litugi Gereja. Pada tanggal 10 September KKMK bersama koor paroki berhasil meraih juara 2 Lomba Koor se-dekenat Bekasi. Tanggal 1 Oktober KKMK Arnoldus-Bekasi mendapat pujian “Koornya bagus!”dari wakil KKMK se-KAJ saat mengadakan gathering dan talk show “Untukmu Sahabat”, Juga seringkali diminta untuk mengisi koor pernikahan. Terlibat juga dalam koor KAUM MUDA 200 TAHUN KAJ di Senayan, Jakarta. Jadi buat rekan-rekan yang hoby menyanyi, pasti akan sangat tersalurkan dengan baik di KKMK.

Selain tugas koor KKMK juga sering mendapat tugas TATIB dari seksi liturgi gereja. Kita mendapat tugas TATIB juga kira-kira sebulan sekali atau dua bulan sekali.

Pertemuan bulanan KKMK merupakan ajang yang sangat baik untuk lebih menjalin keakraban dan persaudaraan sesama anggota. Lewat ibadat sabda, sharing, ramah tamah, dan merupakan media komunikasi antar anggota jika akan melaksanakan beberapa program kerja yang telah terjadwal. Di sini sangat terasa sekali bahwa kita KKMK adalah satu saudara. Terkadang di sini pula muncul banyak ide-ide spontan dan kreatif untuk program kerja selanjutnya.

BASAH merupakan BincAng-bincang antar SAHabat. Kita saling sharing, curhat, cerita apa saja sesuai dengan tema BASAH yang diangkat. Kita bisa ngomongin soal cinta, berpacaran, tips dan trik nambah PE-DE, ngomongin soal etika, suasana kerja de el el deh. Dijamin akan nambah banyak wawasan, nambah ilmu dan nilai tambah tersendiri buat kepribadian kita.

KEGIATAN NON RUTIN (Touring, Youth Camp (Outbond), Retret, Ziarek, Seminar, Olahraga, Baksos dll)

Kegiatan non rutin ini dilakukan berdasarkan program kerja yang telah dibentuk di awal kepanitiaan, namun sesekali juga muncul dari ide-ide kreatif karena situasi dan kondisi tertentu. Beberapa contoh jenis kegiatan Non Rutin KKMK periode 2006-2007 adalah:

TAHUN 2006

  1. Tanggal 28 Januari 2006 Pelantikan Pengurus KKMK periode 2006, mengadakan saresehan bersama Ibu Luppy SC Adriati dengan tema “Bagaimana menjadi 100% karyawan dan 100% katolik? Dihadiri Pak Wakijo, Pak Joko, Rm Agus dan rekan-rekan KKMK lainnya di aula lama Gereja St Arnoldus.
  2. 14 Febuari 2006, Tukar kado sesama anggota KKMK (Valentine Days) dikemas ice breaking, santai dan fun oleh Aris dkk. Lucu-lucu lho….
  3. 18 Februari 2006, Kerja bareng Mudika, KKMK mengadakan Valentine bersama Kaum Muda, “Love is Wonderful” pesertanya 300 orang lebih di lantai atas aula baru gereja.Meliputi seluruh kategorial kepemudaan di paroki dan mudika wilayah, Disini ada dances, live music, band, sulap, dan lain-lain, acara ini GRATIS karena mendapat banyak dukungan dari sponsor. Mencoba merealisasikan bahwa perlu juga kaum muda di seluruh paroki arnoldus, entah dari kategorial mana, wilayah mana dapat saling mengenal, berkumpul dan bersuka cita bersama, diharapkan kedepannya kaum muda dapat lebih kompak dalam menjalin kerja sama.
  4. 5 Maret 2006, Olahraga bersama di lapangan olahraga St Monika
  5. 25-26 Maret 2006, Refleksi Diri (rekoleksi) Korupsikah Aku? Di Wisma Bella Cibodas, pembicaranya Mas Yohanes yang kocak namun mampu menggugah kesadaran kita untuk berefleksi bersama. Pesertanya sekitar 60 orang lebih.
  6. 30 April 2006, Dialog Interaktif dengan Bapak Uskup, tentang ketenagakerjaan, KKMK membantu sebagai sie dokumentasi membantu panitia 200 tahun sebagai penyelenggara di aula gereja
  7. 7 Mei 2006, EXPO panggilan dengan Adi Kurdi, KKMK membantu sebagai sie acara (moderator dan dokumentasi)
  8. 21 Mei 2006, Baksos Panti Asuhan Yayasan Sinar Pelangi Pondok Gede.KKMK menghibur dengan drama, lagu, games dll, Peserta sekitar 60 orang lebih, KKMK memberi bantuan berupa uang, obatan, sembako, alat sekolah dll
  9. 24 Juni 2006, Malam renungan Jogya, sebuah kerjasama yang baik dengan mudika paroki, mudika wilayah, mementaskan seni drama peran dan tari yang cukup berkesan dan menggugah rasa, Sebuah permenungan tentang Gempa Jogya dan sekitarnya, Seluruh dana yang terkumpul di acara ini disumbangkan untuk Jogya,
  10. 26-27 Agustus 2006, Weekend Camp plus Outbond di Lido Sukabumi. Penuh dengan games yang seru dan mengasyikkan, meningkatkan kerjasama, rasa percaya pada team (good team work).
  11. 1 Oktober 2006, Panitia Gathering KKMK se-Keuskupan Agung Jakarta, dihadiri 300 peserta dari KKMK se-KAJ.
  12. 6.7.8 Oktober 2006, Ziarek dan Rekreasi ke Purwokerto en Baturaden.
  13. 2-3 Desember 2006, Kaderisasi Pemilihan Pengurus BPH 2007, ke Cibodas, Puncak.
  14. 24-25 Desember 2006, Panitia Foto Bareng Sinterklas en Penjualan topi, Berbagi kebahagiaan Natal dengan adik-adik kecil di St.Arnoldus. Selain foto bareng, adik-adik juga mendapat bingkisan natal special dari panitia:p

TAHUN 2007

  1. 30 Januari 2007, Pelantikan Pengurus Baru KKMK periode 2007, saresehan bersama Pak Wahyudi-Ketua DP Paroki dengan tema “Kepemimpinan dalam Pelayanan”
  2. 11 Februari 2007, Gathering KKMK se-KAJ ke St Agustinus Tangerang. Tema: “Persahabatan Bagai Pelangi” Pembicara Mas Louis Satrawidajaya (motivator)
  3. 17-19 Maret 2007, Retret “Siapkah Aku Mencintaimu”, Wisma Mekar Sari, Bogor. Sebuah rekoleksi dan permenungan menyambut PASKAH.
  4. 31 Maret -1 April 2007, Safari Trek (touring ke Jati Luhur Purwakarta) dan kunjungan ke kaum muda Paroki Salib Suci Purwakarta.
  5. 13 Mei 2007, Seminar Motivasi “Don’t Worry Be Happy”, seminar re-install sukses dan perubahan paradigma en cara pandang, lewat pendekatan NLP. Lewat experiental learning benar-benar memberikan banyak wawasan dan spirit baru. Pembicara: Stefanus Rizal.
  6. 16-17 Juni 2007, Open House KKMK, mengenalkan KKMK ke umat, khususnya ke kaum muda, dan berharap ini dapat menjadi sumber inspirasi dan bertujuan untuk memperat rasa kerja sama dan kekompakan bagi seluruh kategorial kaum muda yang ada.
Lho kok cuma sampe Juni? he..he..
karena tulisan ini dibuat untuk buku kenangan 12 tahun HUT KKMK pada 16-17 Juni yang lalu. Kegiatan selanjutnya tetap banyak dan makin banyak variasinya. Mulai dari Safari KKMK, Bursa Kerja (Job Fair) Juni 2008 nanti, TOP INTIPs dan masih banyak lagi.

DANA KEGIATAN

Selain bantuan dari Dewan Paroki yang telah dianggarkan sesuai dengan program kerja yang telah dibuat. KKMK mandiri untuk mencari dana swadaya untuk membiayai seluruh kegiatan-kegiatannya dari bazaar ke bazaar, baik di dalam lingkungan Gereja St Arnoldus Bekasi maupun di luar lingkungan Gereja seperti di sekolah-sekolah, bahkan sampai ke tempat umum lainnya. Pencarian dana biasanya melalui bazaar makanan dan minuman (pernah juga bekerja sama dengan PT Wingsfood melalui promo Mie Sedap dan Milk Jus), bazaar buku dengan menjalin kerja sama dengan beberapa penerbit buku, pengumpulan koran bekas, botol bekas dll untuk dijual, mengadakan pasar murah pakaian layak pakai, penjualan topi Sinterklas saat Natal, Foto Bareng Sinterklas, Penjualan parcel Natal or Paskah, penjualan kaos, penjualan benda-benda rohani, penjualan stationery/peralatan sekolah, penjualan jaket KKMK dan pencarian sponsor dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar: