Jumat, 28 Desember 2007

Liputan Open House HUT KKMK ke-12

Sabtu-Minggu, 16/17 Juni 2007, ada banyak warna dan nada dari dalam aula lama St Arnoldus Bekasi. Setiap selesai misa, umat diundang untuk ikut menghadiri acara OPEN HOUSE KKMK St Arnoldus, yang kali ini tengah berulang tahun yang ke-12.


Alunan musik dan band yang riang, menarik umat untuk melangkahkan kaki menghadiri Open House KKMK tersebut. Background kuning dengan logo KKMK tepat di depan pintu masuk aula benar-benar mengkondisikan umat untuk tidak segera duduk manis di café tapi melangkahkan kaki terlebih dahulu dari satu stand ke stand lainnya. Disambut oleh penerima tamu yang ramah menyambut pengunjung dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Barisan penerima tamu berpakaian rapi, para pria berbusana jas dan berdasi, wanitanya memakai pakaian dengan blazer dengan warna senada layaknya para professional muda.

Selesai mengunjungi stand-stand informasi, pengunjung dapat duduk manis di café KKMK yang menyediakan berbagai menu lezat yang siap saji. Kami melayani pengunjung secara professional layaknya seperti di café-café lainnya.



Di setiap stand, pengunjung dapat menyaksikan cuplikan video-video kegiatan dan pameran foto di tiap biliknya.Video dan foto-foto itu seolah bercerita tentang apa saja yang ada di KKMK, ada MADING pula tentang banyak artikel lucu dan menarik, puisi, lowongan kerja dan gambar-gambar illusion yang semuanya cukup menarik minat pengunjung untuk bertahan berlama-lama di OPEN HOUSE KKMK tersebut.


Konsep Open House ini memang cukup unik dan kreatif, aula lama St Arnoldus telah disulap sedemikian rupa oleh team kreatif dari KKMK Arnoldus Bekasi. Sesuai rencana, aula lama disekat-sekat menjadi sebuah ruang dapur di sebelah kiri depan aula, kemudian dibelakangnya tampak beberapa meja bertaplak putih dan kursi yang didesain mirip sebuah café, Di bagian tengah café ada panggung lengkap dengan band yang menghibur pengunjung café. Sedangkan ruang sebelah kanan aula disekat menjadi 4 buah stand, yang merupakan stand-stand informasi.


Masing-masing stand menayangkan cuplikan kegiatan-kegiatan KKMK selama beberapa tahun terakhir ini. Kegiatan tersebut antara lain: pertemuan rutin, diskusi, ziarek, baksos, retret, touring, seminar-seminar yang mengangkat tema-tema yang dekat dengan kaum muda seperti tentang bagaimana caranya sukses meraih peluang kerja, bagaimana cara pikir kita menghadapi hidup yang banyak tantangannya, bagaimana caranya memotivasi diri untuk sukses, bagaimana tips berteman, berpacaran dan berkeluarga dalam Kristus dan banyak lagi. Tentu saja dengan menghadirkan para pakar professional di bidangnya seperti Krisnamurthi, Stefanus Rizal, Agus Sutikno dan lain-lain.


KKMK juga aktif mengisi tugas-tugas liturgi seperti tatib, koor, lektor, komentator. Dipamerkan juga bagaimana cara KKMK mendanai semua kegiatan-kegiatannya seperti lewat bazaar buku dengan bekerja sama dengan beberapa penerbit, bazaar makanan-minuman yang beberapa menunya anggota-anggota KKMK sendiri yang membuatnya, parcel paskah dan natal, berjualan topi sinterklas, foto bareng sinterklas, pencarian sponsor, pasar murah dan lain-lain.


Namun, yang lebih special lagi adalah saat Bapak Uskup Agung Jakarta berkenan hadir mengunjungi acara Open House KKMK, mengunjungi semua stand informasi dan menghadiahi KKMK berupa tanda tangan pada dua buah taplak putih. Taplak tersebut oleh panitia dilelang kepada umat dan terjual dengan manis.


Acara Puncak HUT KKMK ke-12, dirayakan pada pukul 11.00-14.00, dimana disitulah ada acara pemotongan kue ulang tahun, beberapa sambutan dari Ibu Lupi selaku ketua bidang Persekutuan, "Keberadaan KKMK memberi begitu banyak warna bagi kemajuan Gereja St Arnoldus",ujar Bu Lupi, juga sambutan dari Romo Agus selaku moderator Kepemudaan dan sharing dari Mas Agus yang telah lama aktif di KKMK. Acara HUT kemudian diisi dengan dialog santai seputar KKMK, dan beberapa hiburan band yang diisi oleh para alumni KKMK terdahulu.



Tak terasa 12 tahun sudah KKMK berkiprah di Gereja ST Arnoldus Bekasi. Begitu banyak cerita, entah suka maupun duka, entah tawa atau airmata yang sulit terlupa. Dua belas tahun sudah, layaknya anak SD yang akan naik jenjang SMP, KKMK makin matang kini. Siap memikul tanggung jawab yang lebih lagi. Perayaan ulang tahun KKMK ke - 12 ini dengan kegiatan Open House-nya hanyalah sebuah realisasi dari kerinduan untuk mengumpulkan kembali dan merefleksikan potongan - potongan cerita selama 12 tahun yang mungkin terpotong - potong oleh waktu dan jarak. Berbagi kasih pada setiap kita, mengenang cerita - cerita indah. Melepas tawa, mengurai duka, bahu membahu merealisasikan program kerja.


KKMK Open House, membawa banyak harapan agar makin banyak orang mencintai KKMK, makin banyak orang muda tertarik bergabung dan ikut memberi banyak warna indah lewat talenta - talentanya, juga menjadi sumber inspirasi bagi kelompok - kelompok kategorial kaum muda lainnya. Sehingga kedepannya dapat lebih banyak lagi bekerja sama dalam memajukan Gereja.



Setiap perbedaan yang memang selalu saja ada, entah lewat sudut pandang, watak, sifat, kepribadian, adat istiadat, budaya bukan memisahkan kita menjadi KKMK yang terkotak-kotak tetapi justru perbedaan itu memberikan banyak warna - warni indah untuk KKMK.


Terima kasih untuk Bapak Uskup, Romo-Romo Paroki, jajaran Dewan Paroki, segenap rekan-rekan alumni KKMK mulai dari angkatan pertama sampai angkatan ke-dua belas juga seluruh donator dan sponsor acara Open House KKMK kali ini. Terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya untuk segenap panitia atas kerja kerasnya demi suksesnya acara ini.


Mohon maaf untuk segala kekurangan dan ketidaksempurnaan pelaksanaan acara Open House ini. Semoga acara ini sungguh dapat mempererat persaudaraan dan juga menjadi sumber inspirasi bagi semua orang muda.


Selamat Ulang Tahun KKMK, Tetap Semangat Dari Masa ke Masa !!!

(Oleh Elsye, pernah diterbitkan di Majalah HIDUP bulan Juli 2007)

Tidak ada komentar: